Rencana Lima Langkah Untuk Memecahkan Masalah Kata Matematika

Salah satu tugas yang paling ditakuti siswa dalam matematika adalah memecahkan masalah kata. Jika seorang siswa meninggalkan pertanyaan pada ujian, Anda dapat yakin itu akan menjadi masalah kata. Bagian dari alasan untuk ini

adalah siswa sering mengalami kesulitan dalam memutuskan langkah apa yang harus diambil untuk menganalisis dan memahami apa masalahnya.

Apa pun level matematikanya, saya telah menemukan metode berikut ini untuk menjadi sangat sukses ketika menyelesaikan masalah kata. Saya menyebutnya Rencana Lima Langkah. Sebagai seorang guru matematika SMA,

saya mendesak siswa saya menggunakan Rencana Lima Langkah ini untuk menyelesaikan masalah kata. Ketika menilai pekerjaan rumah mereka atau menandai kertas ujian, saya akan menetapkan lima tanda untuk masalah kata. Jika siswa hanya memberi saya jawaban yang benar tanpa mengikuti Rencana Lima Langkah, mereka hanya

akan menerima satu poin untuk jawaban mereka. Siswa yang mengikuti Rencana Lima Langkah bisa mendapatkan hingga empat poin dari lima, bahkan jika mereka mendapat jawaban yang salah untuk masalah tersebut.

Apa rencana ini untuk memecahkan masalah kata matematika? Berikut adalah bagan yang akan saya taruh di papan tulis ketika mengajarkan strategi ini kepada siswa saya.

Rencana Lima Langkah

Sebuah)? b) X = c) Persamaan d) Temukan x. e) Jawab bagian a).

Bagian a): Para siswa harus menuliskan apa yang mereka minta Anda temukan dalam kata masalah. Biasanya ini dapat ditemukan dalam kalimat yang mengandung tanda tanya. Jika pertanyaan dinyatakan sebagai perintah, misalnya, ‘Temukan nomornya.’ Itu akan menjadi pertanyaan untuk ditulis di bagian a).

Bagian b): Pada bagian b) siswa harus membuat daftar informasi apa yang diberikan kepada mereka dan memberikan variabel pada item yang tidak diketahui. Termasuk dalam bagian ini adalah daftar item dan salah satunya sama dengan x.

Bagian c): Bagian c) adalah persamaan aljabar yang diperlukan untuk menyelesaikan x. Menulis persamaan yang tepat seringkali merupakan bagian tersulit dari latihan ini, tetapi dengan latihan, siswa menjadi lebih baik dalam

mengidentifikasi persamaan yang akan digunakan. Seringkali hanya diperlukan siswa untuk menerjemahkan

rumussoal kalimat bahasa Inggris menjadi kalimat matematika. Kata kerja dalam kalimat bahasa Inggris setara dengan tanda sama dengan dalam persamaan. Sisi kiri persamaan berasal dari semua kata dalam kalimat yang muncul sebelum

kata kerja. Saya akan menginstruksikan siswa untuk menuliskan informasi itu terlebih dahulu dan kemudian meletakkan tanda yang sama. Semua kata dalam kalimat setelah kata kerja ditranskripsi menjadi ekspresi aljabar dan ditempatkan di sisi kanan persamaan.

Bagian d): Siswa kemudian akan menggunakan persamaan yang mereka bangun di bagian c) dan menyelesaikan persamaan untuk x. Bagian dari rencana ini mengharuskan siswa untuk mengetahui bagaimana menyelesaikan berbagai jenis persamaan.

Bagian e): Menggunakan nilai untuk x yang mereka temukan di bagian d), siswa kemudian menggunakan informasi itu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan di bagian a). Seringkali menemukan nilai x bukanlah jawaban untuk kata problem. Siswa perlu memeriksa dengan bagian b) untuk melihat apa arti x dan kemudian menggunakannya untuk menjawab pertanyaan. Siswa diminta untuk menulis bagian e) dalam kalimat lengkap.

Berikut adalah contoh masalah kata tingkat pra-aljabar menggunakan Rencana Lima Langkah.

Contoh: Angka yang dikalikan enam adalah empat lebih dari empat kali angka. Temukan nomornya.

Jawab: a) Temukan nomornya. b) Misalkan x = angka c) 6x = 4x + 4 d) 2x = 4

x = 2 e) Jumlahnya 2.

Ini adalah contoh lain.

Jumlah dari tiga angka genap berturut-turut adalah 36. Apa angka kedua?

Jawaban: a) Berapa nomor genap kedua? b) Angka pertama = x

Angka 2 = x + 2

Angka 3 = x + 4 c) x + x + 2 + x + 4 = 36 d) 3x + 6 = 36

3x = 30

x = 10 e) Angka kedua adalah 12.

Tidak peduli tingkat matematika apa – pra-aljabar, aljabar I, aljabar II, pra-kalkulus, kalkulus, trigonometri, atau statistik, menggunakan Rencana Lima Langkah membantu siswa untuk menemukan dengan tepat informasi apa yang diberikan dan apa yang perlu mereka temukan dalam rangka untuk menjawab masalah kata. Seringkali

menggunakan diagram dapat membantu mengidentifikasi variabel yang diperlukan pada bagian b). Begitu bagian b) turun di atas kertas, maka menulis persamaan menjadi jauh lebih mudah dan siswa dapat menggunakan keterampilan pemecahan persamaan mereka untuk menemukan jawaban atas kata masalah.

Leave a Comment